A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: aut_full_name

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 122

Pesta Demokrasi di Desa Cipondok Cibingbin

| Rabu, 15 Mei 2013 19:08
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

CIBINGBIN, (KM): Sebagai  Ketua Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan, Kusro Hariwijaya, tentu saja  mengharapkan  pelaksanaan Pillkades Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin yang dilaksanakan pada hari Senin (12/5/2013), berjalan aman dan lancar.

"Jika terjadi perbedaan dukungan warga terhadap  calon kepala desa, itu merupakan hal yang wajar. Ini merupakan pesta  demokrasi untuk melahirkan pemimpin terbaik yang diharapkan membawa perubahan ke arah lebih baik dalam pembangunan di daerah ini," tutur Kusro, kepada penulis.

Ada beberapa catatan  penting dalam sejarah pesta demokrasi di Desa Cipondok,  yang diibuka oleh Camat Cibingbin Ruslani S.Sos pada pukul  7.30 WIB itu. Sehari sebelum pelaksanaan Pilkades, Tim Fasilitator Kecamatan mengunjungi kediaman calon dengan tujuan  memberi semangat dan motivasi agar dalam pelaksanaan calon kepala desa  itu siap menang siap kalah.  .

Berdasarkan catatan penulis, sejak awal penyeleksian hingga pelaksanaan dari pihak calon maupun pendukungnya tidak terdengar adanya pergesekan sampai dalam pelaksanaan yang dihadiri oleh 2253 hak pilih, dari DPT 2942. Panitia pun menargetkan  untuk memenuhi kuota 60 % kehadiran yang disyaratkan oleh perda, maka panitia menargetkan 70 %, kehadiran pemilih mencapai 76,6 %. Yang tidak hadir 23,4 % merupakan Perantau, kebanyakan perantau tidak bisa datang  dengan alasan : 1. Baru berangkat ke perantauan, 2. Perantauan jauh ke Sumatera.

Terdapat 30 orang hak pilih yang dikunjungi oleh panitia dan melaksanakan pemilihan di tempat kediamannya dikarenakan (sakit, jompo dan baru melahirkan).

Setelah berdiskusi dengan kelima calon penutupan pemungutan suara ditutup pada pukul 13.15 WIB. Perhitungan suara dimulai sejak pukul 14.00 WIB s/d 17.00 WIB. Dengan perolehan suara (diatas). Dengan demikian maka calon no 1 Ibu Eni Jumheni berhak memimpin Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin 6 tahun kedepan.  

Seusai melakukan peerhitungan maka tim fasilitator kecamatan beserta seluruh panitia melakukan kunjungan ke seluruh calon yang dipimpin oleh ketua Tim bapak Camat Cibingbin. Setelah rombongan mengunjungi calon terpilih  (Eni Jumheni) kebetulan rumahnya persis di depan Kantor Kepala Desa Cipondok lalu menuju ke calon no. 5 (Thomas Hadinoto, SE) yang tidak jauh dari kediaman ibu Eni Jumheni hanya terhalang oleh 2 rumah ke sebelah barat rombongan berjumpa dengan calon no. 4 (Ardani, S.Sos) yang secara ksatria terlebih dahulu mengucapkan selamat kepada pemenang lalu ke calon No. 4 (sdr. Thomas Hadinoto, SE). dengan gayanya yang khas Ardani berucap kepada Panitia bahwa ini adalah demokrasi yang sudah barang tentu dari ke lima calon ini hanya 1 yang memenangkan. Oleh karena itu untuk apa mencalonkan diri bila dalam kekalahan terselubung dendam karena kalah dalam pilkades.

Pada perhtungan 200 – 300 suara no. 1 saling kejar dengan no. 4. Tapi ketika no. 1 mencapai 400 kejar mengejar suara berpindah dengan no. 2. Hingga akhirnya perolehan suara dimenagkan oleh no. urut 1 yakni Eni Jumheni dengan peolehan     633    suara nomor urut 2 Rudiyanto    582    suara, nomor urut 3 Idris Zamaludin    300    suara
nomor urut 4 Ardani, S.Sos    259    suara dan nomor urut 5 Thomas Hadinoto, SE 465 suara

Masyarakat berharap setelah pilkades ini yang dimenangkan oleh calon terpilih wanita,  kedepan Desa Cipondok lebih maju dalam segala tatanan. Sehingga apa yang telah disampaikan dalam visi misi tempo hari dapat dilaksanakan dengan baik. Dengan tujuan menuju masyarakat Cipondok yang maju di wilayah perbatasan kabupaten Kuningan untuk mencapat masyarakat sejahtera. Semoga.  (Nurahim Habib)***
 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: