Puluhan Warga Kuningan Hijrah ke Sumatera

KUNINGANMEDIA | Rabu, 13 Maret 2013 21:31
Bagikan ke Facebook
KM
Kadisosnaker Kuningan, H. Dadang Supardan [Foto: Zoen Mahardika]

RE. MARTADINATA, (KM) : Setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya Pemkab Kuningan memilih Kabupaten Kaur dan Kabupaten Rejanglebong Bengkulu (Sumatera) sebagai lokasi transmigrasi warga Kuningan, daripada Kabupaten Lahat Kalimantan.

Kepala Dinas Sosial danabupaten Kuningan (Sosnaker) Kabupaten  Kuningan, H. Dadang Supardan menjelaskan, pihaknya menginginkan lokasi pindah warga Kuningan lebih baik daripada tempat asalnya. Jika sebelum pindah, warga Kuningan menikmati listrik dan fasilitas jalan yang memadai, maka di tempat transmigrasi pun minimal harus sama saat warga tersebut masih di Kuningan.

Selain itu, dari hasil study banding Sosnaker sebelumnya, Propinsi Sumatera lebih mendukung karakternya ketimbang Propinsi Kalimantan. Jika di Lahat, fasilitas rumah, listrik dan jalan masih belum tersedia, sedangkan di Bengkulu, semua fasilitas sudah siap untuk dibangun di tahun ini. Tentunya ditambah fasilitas lahan yang cukup luas untuk digarap transmigran.

“Saya tidak ingin warga Kuningan yang hijrah itu malah sengsara disananya, tidak ada listrik, jalan rusak. Yang Saya inginkan ketika hijrah justru minimal fasilitas rumahnya ada listrik, jalan menuju lokasi memadai. Kalau pergi transmigrasi malah lebih sengsara daripada di Kuningan, itu sama saja dibuang. Makanya Kuningan lebih memilih Bengkulu, karena fasilitas listrik, jalan segera dibangun bulan-bulan ini dan lahan garapannya pun cukup luas,” papar Dadang.

Ketika ditanya antusias warga Kuningan untuk pergi transmigrasi, menurut Dadang, masih ada sebagian warga yang ingin hijrah. Dari data yang ada, sejak tahun 2012 angkanya memang masih tercatat 63 KK. Dari 63 KK itu, sebagian besar yang sudah yakin untuk pergi transmigrasi. “Mereka memang tulus ingin sekali hijrah, bukan coba-coba,” tandasnya. (Noenk Khazanah)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: