Gapoktan Tani Mandiri Kembali Dinilai Tim Provinsi

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 09 Maret 2013 09:09
Bagikan ke Facebook

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_title

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: mf_fotografer

Filename: modpublic/v_seratan.php

Line Number: 149

KM
[Foto: ]

LEBAKWANGI (KM) : Setelah masuk dalam nominasi lima besar pada Lomba  Gapoktan PUAP Berprestasi Tingkat Propinsi Jawa Barat, Gapoktan Tani Mandiri Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi,  kembali dinilai  tim penilai Propinsi Jawa Barat, Jumat (8/3/2013)..

Penilaian itu dilakukan untuk menentukan peserta terbaik, sekaligus melihat dari dekat keberadaan Gapoktan Tani Mandiri terutama soal pengelolaan PUAP..

  “Memang apa yang disampaikan saat pelaksanaan penilaian di Bandung, tidak berbeda  dengan kenyataan di lapangan. Mungkin yang perlu ditingkatkan kedepan menjadi Gapoktan yang lebih profesional,” kata Ninik, Ketua tim rombongan penilai dari Dinas Pertanian dan Bina Produksi Provinsi Jawa Barat.

Menurut Niknik, ada salah satu Gapoktan yang mampu mengembangkan usahanya dengan perputaran uang ratusan juta rupiah, bahkan sudah diasuransikan.  Lebih dari itu sudah menjalin kerjasama dengan perbankan.

Sementara itu, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten, Bunbun Budhyasa menyatakan, perkembangan permodalan di Gapoktan Tani Mandiri berbeda dengan perputran permodalan Gapoktan lainnya di Jawa Barat.

“Perputaran permodalan PUAP di Tani Mandiri murni untuk budidaya pertanian yang terikat dengan waktu, jadi tidak bisa dibandingkan dengan perputaran dengan usaha dagang,” jelas Bunbun. (Zoen Mahardika)*

 

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: