Koperasi di Kuningan Harus Sehat

KUNINGANMEDIA | Rabu, 30 Januari 2013 18:37
Bagikan ke Facebook
KM
[Foto: ]

RE. MARTADINATA : Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kuningan terus melakukan pembenahan terhadap  koperasi di sejumlah kecamatan.  Salah satu upaya yang sedang dilakukan yakni melalui  pembinaan tbeberapa koperasi yang baru berdiri agar kedepanya menjadi koperasi yang benar-benar sehat.

“Koperasi yang baru  berdiri, kita arahkan  melalui  upaya peningkatan kualitas agar menjadi koperasi yang sehat dan maju. kita juga  tetap melakukan pembinaan terhadap koperasi yang tidak sehat.  Jika  tidak bisa dibina terpaksa kita bekukan," ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kuningan, Uca Somantri, Rabu (30/1/2013).

 Menurut Uca, memang kini sudah banyak koperasi di Kabupaten Kuingan yang dibekukan karena dinilai tidak sehat. Selain itu banyak pula koperasi yang baru berdiri , termasuk koperasi yang berdiri di lingkungan Pondok Pesantren yang perlu terus dibina.


"Di Pontren pun mungkin baru  beberapa  koperasi yang bisa dikatakan sehat, karena koperasi bisa dikatakan sehat jika salah satu diantaranya tiap tahun mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT)," jelas Uca.

Uca berharap  koperasi-koperasi yang baru berdiri   bisa terus tumbuh dan berkembang.  Karena tidak jarang semangat itu muncul ketika awal membangun saja, namun untuk menjaga, memelihara dan mempertahankan kualitas  cukup berat.

Sementara, Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda saat meresmikan bangunan Koperasi Pesantren Al-Misbah di Kecamatan Kalimanggis, ARUJI KARTAWIANAT belum lama ini, berharap  Kopontren Al-Misbah mampu itu menjadi contoh bagi Pontren lainnya dalam mengembangkan koperasi.

"Koperasi memiliki arti  penting dan strategis  untuk mengembangkan potensi ekonomi, khususnya dikalangan pondok pesantren Al-Misbah  Kalimanggis, dan pada umumnya untuk semua Pondok pesantren di Kabupaten Kuningan. Untuk itu keberadaan koperasi di kuningan harus sehat (Noeng Khazanah)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: