Pemkab Kuningan Menambah Dana Bantuan Program Rutilahu

KUNINGANMEDIA | Senin, 28 Januari 2013 17:41
Bagikan ke Facebook
KM
[Foto: ]

PENDOPO : Pemkab Kuningan tahun ini menambah anggaran bantuan  perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu)  dari Rp 2 juta menjadi Rp 3 juta per rumah,  Hal itu  diharapkan animo masyarakat untuk membantu warga tidak mampu dalam perbaikan rumah tidak layak huni  terus meningkat.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan,  Toto Toharudin mengatakaan , pada APBD 2012 sebanyak  433 rumah yang tersebar di 32 kecamatan mendapat kucuran dana bantuan dari APBD Kuningan tersebut. 

“Tujuan utama dari pemberian bantuan stimulan rumah tiidak layak huni ini yaitu selain untuk merehabilitasi rumah warga Pra KS yang dipandang sudah tidak layak untuk dihuni, program ini juga diarahkan untuk membangun serta membangkitkan kembali semangat gotong royong masyarakat demi mewujudkan stabilitas dan kondusifitas antar warga di Kuningan,” ujarnya.


Toto menjelaskan,  rumah yang disebut tidak layak huni tersebut, kategorinya lantai tanah, berdinding bambu, dan tidak memiliki sarana MCK. Dan di Kuningan sendiri, diakuinya masih banyak rutilahu yang harus diperhatikan menjadi sebuah rumah yang layak huni.

Dari data sebelumnya, rutilahu yang telah dibantu mulai dari 1.000 rumah pada tahun 2007, kemudian 475 rumah setiap tahunnya dari tahun 2008, 2009 dan pada tahun 2010, dan terus bertambah setiap tahunnya.
 “Bantuan ini minimal dapat memberikan perubahan dari segi estetika serta kesehatan rumah seperti pembuatan “MCK” di dalam rumah, plesterisasi bagi rumah yang lantainya masih beralaskan tanah. Kalau diawali oleh pemerintah, masa orang yang mampu mau diam saja” ujarnya. (Noeng Khazanah)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: