Tidak Ditemukan Hewan Qurban Mengidap Penyakit

KUNINGANMEDIA | Selasa, 23 Oktober 2012 23:20
Bagikan ke Facebook

KOTA : Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kuningan, Hj. Triastami bersama petugas,  melakukan sidak hewan ternak ke beberapa pasar hewan untuk memeriksa hewan qurban. Dari mulai kuku, gigi hingga kondisi usia hewan. Kemudian hewan yang lolos memenuhi syarat sehat untuk qurban diberikan logo sehat.

“Tidak ditemukan hewan yang mengidap penyakit.  Hanya saja, ada beberapa hewan yang belum layak jual karena umurnya belum mencukupi,”kata Triastami, Selasa (23/10/2012).

Selain untuk persyaratan qurban, sidak itu  merupakan upaya meminimalisir resiko penularan penyakit hewan (sapi, kambing) kepada manusia ketika dikonsumsi. Bahkan setelah ratusan hewan di Kuningan disembelih, pihaknya akan melakukan pemeriksaan kembali terhadap daging untuk memastikan tidak ada bakteri-bakteri berbahaya di dalam daging sapi maupun kambing yang dikurbankan.

“Kita memiliki tim khusus, diantaranya, tim dari Puskeswan (pusat kesehatan hewan). Selain sebelum qurban, tim itu pun memeriksa dagingnya, untuk memastikan tidak ada bakteri dan aman untuk dikonsumsi," katanya. (Khazanah/km)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: