Cipta Puspita Ria, Anak Desa Yang Kreatif

KUNINGANMEDIA | Selasa, 23 Oktober 2012 22:00
Bagikan ke Facebook

CIBEUREUM :Cipta Puspita Ria, siswi Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Cibingbin, Kabupaten Kuningan, termasuk anak kreatif.  Di luar kegiatanya  menimba ilmu di sekolah, ia memanfaatkan waktu senggang untuk membuat  berbagai jenis hiasan untuk dijual.

"Lumayan Pak untuk sekadar membeli alat tulis, jadi saya tidak selamanya mengandalkan pemberian dari orangtua,” tutur Cipta, kepada kuninganmedia.com, di rumahnya RT06. RW.02 Desa Tarikolot, Kecamatan Cibeureum,  Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Menurut Cipta, memang awalnya membuat hiasan itu hanya untuk sendir. Ttapi banyak teman yang memesan akhirnya hasil kerajinan itu dijual.

Dengan bermodalkan gunting, jarum, benang, lem serta kain, ia mampu membuat berbagai jenis hiasan.  Diantaranya saja bros dan berbagai jenis hiasan lainnya. Selain itu juga membuat tirai dan pas bunga dengan bahan dasar kulit kerang. Semua bahan itu, ia beli dari pasar.

Puspita menjelaskan, hasil kerajinan itu dijual dengan harga  mulai Rp. 1500,- sampai Rp.3000,-, tergantung besar kecilnya hiasan.

Anak pertama pasangan pasangan Ny. Dariah dan Edi wasnan (37), yang lahir  21 November 1999 itu, mulai menekuni membuat hiasan sudah sejak ia duduk di bangku kelas V SD. .

"Saya tahu cara membuat hiasan dari sebuah majalah bekas pemberian dari tetangga," imbuh Puspita.  (jun/km)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: