Beberapa Daerah di Kuningan Dilanda Kekeringan

KUNINGANMEDIA | Selasa, 07 Agustus 2012 19:50
Bagikan ke Facebook

CIBINGBIN :Musim kemaran sekarang ini, beberapa daerah di Kabupaten Kuningan dilanda kekeringan yang cukup luas. Selain kekeringan, musim kemarau juga berpeluang terhadap munculnya bencana kebakaran.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, telah enam kali terjadi peristiwa kebakaran hutan aupun rumah penduduk dengan kerugian sekitar Rp 650 juta.

Sumber di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan menyebutkan, wilayah timur Kuningan timur merupakan daerah yang rawan kekeringan, terutama pada saat musim kemarau yang berkepanjangan.

Kecamatan yang rawan tersebut, diantaranya, Ciawigebang, Kalimanggis, Cidahu, Cimahi,
Cibeureum, Ciwaru, Karangkancana dan Cibingbin.

“Daerah tersebut adalah daerah tadah hujan sehingga para petani tidak dapat melaksanakan usaha budidaya pertanian. Untuk itu, kami gencar mensosialisasikan kepada warga supaya waspada dan mencegah kekeringan tersebut,” papar Kepala BPBD, Hidayat, kepada kuninganmedia.com, Selasa (7/8).

Namun jika warga bisa mengantisipasinya sejak awal, kekeringan yang berdampak pada kekurangan bahan makanan, karena gagal panen, akan terjadi.

“Warga supaya melindungi sumber-sumber mata air, melakukan reboisas di sekitar sumber mata air, membuat sumur resapan dan tidak melakukan kegiatan budidaya pertanian di musim kemarau tapi dengan menanam palawija serta mematuhi aturan pola tanam. Diharapkan kekeringan tidak melanda sampai kekurangan bahan makanan,” paparnya. (Khazanah/km)

Komentar (1)

Dedi Supriadi
Turut prihatin sesama warga kuningan ,irigasinya gimana apa lom ada

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: