Tim Operasi Gabungan Awasi Kegiatan Penambangan Pasir di Cidahu

KUNINGANMEDIA | Selasa, 31 Juli 2012 21:01
Bagikan ke Facebook

CIDAHU : Pemerintah Kabupaten Kuningan menurunkan tim gabungan untuk mengawasi sekaligus menghentikan kegiatan penambangan pasir di sejumlah lokasi penambangan pasir wilayah Kecamatan Cidahu, yang beriperasi pada malam hari, Senin (7/7/2012). Menyusul banyaknya pengaduan masyarakat yang merasa terganggu karena banyak kendaraan pengangkut pasir yang beroperasi pada malam hari.

Tim operasi gabungan itu terdiri dari beberapa unsur instansi terkait diantaranya Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan,  Koramil dan Polsek Cidahu. Mereka akan terus mengawasi setiap malam secara bergantian di sekitar lokasi penambangan atau jalan yang dilalui oleh kendaran pengangkut pasir tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan, Jaka Chaerul, mengatakan hal itu dinilai telah melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan. Pasalnya, pengusaha pasir hanya dizinkan  melakukan penambangan maupun pengangkutan pasir mulai pukul 6.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

“Ini berdasarkan pengaduan masyarakat, ternyata dari  12 lokasi penambangan ada enam pengusaha yang melanggar aturan jam operasional. Kami  baru melakukan teguran lisan kepada pengusaha yang membandel itu," kata Jaka Chaerul, kepada kuninganmedia.com, Selasa (31/7/2012).

Jaka mengimbau agar pengusaha penambangan pasir memahami aturan, sehingga tidak ada pihak masyarakat yang merasa terganggu pada saat istirahat malam hari. Jika tidak, mungkin saja Pemkab Kuningan memberikan sangsi bahkan mencabut izin operasional bagi pengusaha yang membandel.  (Khazanah/km)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: