APBD Sektor Pembangunan Ekonomi Minim

KUNINGANMEDIA | Senin, 30 Juli 2012 16:52
Bagikan ke Facebook

[caption id="attachment_9254" align="alignleft" width="200" caption="Ilustrasi"]Ilustrasi[/caption]

ANCARAN : Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kuningan untuk pembangunan sektor ekonomi  masyarakat, selama ini  masih sangat minim.

“Selama ini kami melihat anggaran perekonomian masyarakat masih sangat kecil, tingkat keberhasilannya pun belum jelas. Untuk itu, pada APBD Kuningan tahun 2013 nanti hendaknya lebih berpihak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut,” ujar Ketua DPRD, H.Acep Purnama.

Meskipun pihak eksekutif selalu berdalih jika APBD habis untuk belanja pegawai karena seiring rekruitmen PNS yang terus menerus, namun hendaknya Pemkab lebih tanggap juga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat non PNS lainnya, dalam hal ini masyarakat menengah ke bawah.

Diakui Acep, progam-program yang digulirkan baik langsung oleh pemerintah pusat maupun khusus ditangani oleh Pemkab Kuningan memang banyak. Akan tetapi tingkat sasarannya masih samar dan tidak menyentuh langsung pemberdayaan masyarakat.

“Memang ada untuk para pelaku usaha kecil menengah, tapi pengelolaan dan keberhasilannya masih belum jelas. Sehingga anggaran dikucurkan hanya sebatas seremonial dan sesaat, tidak berkelanjutan dan menjadikan masyarakat berhasil,” paparnya.

Seperti adanya perusahaan daerah baru yaitu Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) diharapkan menjadi fasilitator dalam memecahkan solusi perekonomian mikro yang selalu membelit Kuningan. PDAU jangan sekedar

mencari proyek yang bisa menguntungkan perusahaannya saja, namun harus bisa mendongkrak daya beli masyarakat.

“Pemkab harus tegas dan berani mendorong daya saing daerah dalam berbagai program kegiatan pembangunan dan kemasyarakatan terutama dalam perekonomian masyarakat . Karena ekonomi adalah pondasi yang kuat dalam pembangunan,” kata Acep.

Saran dalam peningkatan anggaran ekonomi dalam putaran APBD 2013 ersebut disampaikan pula dalam realisasi pembangunan LKPj Bupati tahun 2011. Dalam LKPj tersebu, DPRD melihat sektor pemberdayaan masyarakat masih sangat jauh dari harapan pencapaian. (Khazanah/km)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: