Gelar Teknologi Pertanian di Lebakwangi

KUNINGANMEDIA | Rabu, 13 Juni 2012 22:03
Bagikan ke Facebook
KM
[Foto: ]

LEBAKWANGI : Sejumlah kelompok tani di Desa/Kecamatan Lebakwangi,  selama beberapa minggu terakhir ini, mengikuti penyuluhan gelar teknologi pertanian padi sawah. Penyuluhan tersebut diikuti pula oleh penyuluh di lingkup Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Lebakwangi, aparat desa setempat dengan nara sumber dari Balai Penyuluhan Pertanian Terpadu (BPPT) Jawa Barat dan formulator.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (UPT- BP3K) Lebakwangi, Wawan Setiawan, kepada kuninganmedia.com, Rabu (13/6/2012) mengatakan, penyuluhan tersebut langsung dipraktekan.

Praktek dimaksud yakni  menanam padi unggulan varietas impari 13, dengan lahan percontohan milik Kelompok Tani Mekar Tiga Lebakwangi, seluas lima hektar di Blok Ranji. Sedangkan masa   masa tanam selama 115 hari.

Sedangkan formulator yang menguji coba adalah sigenta diatas lahan satu hektar, Biotamak satu hektar dan FMC di atas lahan tiga hektar.

Wawan berharap, melalui uji coba varietas padi unggulan itu, bisa meningkatkan produksi padi dan meningkatkan penghasilan petani.

“Yang paling penting disini adalah pengolahannya, dari mulai pemilihan varietas unggulan, budidaya padi dan pengendalian OPT-nya (Organisme Pengganggu Tanaman),” ujar Wawan. (Noeng Khazanah)Khazanah*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: