Tomcat Tidak Menggangu, Jika Tidak Diganggu

KUNINGANMEDIA | Selasa, 27 Maret 2012 22:25
Bagikan ke Facebook

LEBAKWANGI : Munculnya Tomcat, akan meresahkan masyarakat jika masyarakat sendiri tidak mengetahui tentang seluk beluk jenis binatang tersebut. Oleh sebab itu, masyarakat perlu penjelasan tentang apa sebenarnya yang disebut Tomcat itu.

Bagi petani, Tomcat merupakan sahabat karena binatang tersebut membantu untuk membunuh hama padi. Petani di Kecamatan Lebakwangi, mengenal jenis kumbang itu lebih dengan dengan sebutan cocopet, ada juga yang menyebut sigung sawah. Biasanya hinggap di batang padi yang siap panen.

Camat Lebakwangi Dede Doesro mengatakan, Tomcat di daerahnya belum mewabah ke permukiman penduduk. Tapi Tomcat banyak di temukan di sawah dan tidak mengganggu manusia.

Kendati begitu, pihaknya tetap mewaspadai dengan mengumpulkan para Kasi dan penyuluh untuk mengantisipasi munculnya Tomcat.

"Ini tidak mengganggu, justru menjadi teman petani dalam membunuh hama. Munculnya banyak tomcat mungkin karena ekosistem di sawahnya terganggu, sehingga cocopet itu menyebar ke pemukiman,” (khazanah/kuninganmedia)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: