Bea Cukai Tembakau Menggiurkan

KUNINGANMEDIA | Kamis, 02 Februari 2012 07:27
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN :Pendapatan dari cukai tembakau memang cukup menggiurkan, tak heran pabrik rokok tidak akan pernah ditutup. Kabupaten Kuningan saja, setiap tahun lebih dari satu milyar rupiah mendapat suntikan dari cukai tembakau tersebut.

Pada tahun 2011 saja, cukai tembakau untuk Kabupaten Kuningan sebesar Rp 1, 453 milyar, diperkirakan tahun 2012 bagi hasil cukai itu akan naik.

Di satu sisi, pemerintah mengampanyekan bahaya merokok, bahkan di beberapa daerah sudah memiliki Perda lokalisasi perokok, termasuk Kuningan memiliki Perda tersebut. Ironisnya, dana kampanye itu berasal dari bea cukai.

Banyak SOPD di daerah diberikan suntikan dana untuk kampanye bahaya merokok.
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, SOPD di Kuningan yang mendapat bea cukai tersebut, diantaranya, Dinas Kesehatan terkait bahaya merokok untuk kesehatan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan terkait bahan baku tembakau, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Koperasi dan UKM terkait pabrik rokok.

Selain itu, juga Dinas Sosial Tenaga Kerja terkait pemanfaatan tenaga di lingkungan pabrik, Badan Pertamanan dan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) terkait bahaya asap rokok, Dinas Pendidikan terkait pelarangan merokok bagi pelajar, Satpol PP terkait penertiban cukaiilegal dan Bappeda terkait agribisnis tembakau.

Sumber di Setda Kuningan menyebutkan,setiap SOPD berbeda dalam mendapatkan dana cukai tersebut, tergantung bentuk dan program yang digulirkannya. Setiap tahun SOPD harus mempunyai program terkait dengan cukai, baik dalam kampanye bahaya merokok sampai kondisi tembakau di daerah ini.

Kuningan sendiri, mempunyai pabrik rokok lokal tapi produksinya masih jauh sedikit dibanding dengan pabrik rokok nasional. Setiap tahun bea cukai dari pabrik rokok lokal Kuningan untuk negara sekitar Rp 5 juta pertahun. (Khazanah/kuninganmedia.com)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: