Pemkab Kuningan Harus Mempersiapkan SDM Untuk Mengelola Pajak

KUNINGANMEDIA | Selasa, 03 Januari 2012 20:28
Bagikan ke Facebook

RE. MARTADINATA : Sebanyak 75 desa di Kabupaten Kuningan, ternyata hingga kini belum terdata dalam sistem manajemen informasi objek pajak. Baru 20 % yang memiliki sistem tempat pembayaran.

Untuk itu, mengingat PBB di tahun 2014 akan dialihkan sepenuhnya kepada daerah, maka DPRD meminta Pemkab untuk mempersiapkan SDM-nya secara matang, sehingga pengalihan nanti tidak akan terganjal dan pungutan akan bisa terlaksana secara tertib.

“Termasuk teknologi, dan jumlah tenaga pengelola cukup banyak. Secara teknis, pelaksana PBB membutuhkan tenaga kerja sekitar 60 orang, untuk pendataan 25 orang, dan di 32 kecamatan sebanyak 32 orang sebagai koordinator pemungut PBB,” papar salah seorang anggota dewan, Rana Suparman.

Di Kabupaten Kuningan sendiri, objek pajaknya memiliki kurang lebih 800 ribu objek pajak. Maka diperlukan kerja keras dari pemerintah daerah.

“Maka dengan adanya wacana peleburan Dinas Pendapatan Daerah, Saya kira dewan tidak setuju, dan mengingat salah satu beban kerja yang berat yaitu, pungutan PBB, maka Dispenda tetap harus terpisah sendiri,” katanya. (khazanah/kuninganmedia.com)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: