Bea Cukai Rokok Kuningan Rp50 Juta

KUNINGANMEDIA | Senin, 28 November 2011 18:47
Bagikan ke Facebook

ARUJI KARTAWIANATA : Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kuningan, pada Senin (28/11), melakukan sosialisasi terakhir seputar UU No. 39 tahun 2007 tentang cukai, di Aula Disperindag. Setelah sebelumnya, melakukan sosialisasi di empat eks kawedanan, yaitu di Cilimus, Luragung, Ciawigebang dan Kadugede.

Kasi Perdagangan Dalam Negeri, Erwin Irawan, menjelaskan, peserta yang hadir adalah, para pengusaha tembakau, pemerintahan kecamatan dan lainnya.  Meskipun setiap tahun bea cukai selalu naik, namun penjualan kerap meiningkat tajam.

Menurut Erwin, saat ini ada modus operandi baru, yaitu pita cukai dijual bebas. Hal itu menjadi salah satu isu sosialisasi, selain tentunya peraturan perundangan yang penting, baik bagi pengusaha, maupun lainnya.

Dari pendapatan negara, tentunya Kuningan yang hanya memiliki pabrik rokok kecil dan merk nya pun kurang terkenal, ikut menikmati pajak pengembalian dari bea cukai dan itu bisa menjadi satu penambah untuk APBD Kuningan.

Bea cukai dari pabrik rokok di Kuningan hanya sekitar Rp 50 juta pertahun, jauh lebih kecil dibanding pabrik-pabrik rokok terbesar dan ternama lainnya. (khazanah/kuninganmedia.com)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: