Moratorium Pengiriman TKI Berdampak Meningkatnya Pengangguran

KUNINGANMEDIA | Senin, 21 November 2011 17:58
Bagikan ke Facebook

RE :  MARTADINATA : Adanya moratorium pengiriman TKI pekerja rumah tangga ke negara-negara tertentu berdampak terhadap meningkatnya jumlah pengangguran, pasalnya minat menjadi TKI ternyata masih cukup tinggi, termasuk di Kabupaten Kuningan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Sosnaker) Kuningan mencoba merangkul para peminat TKI dan calon tenaga kerja lainnya, melalui berbagai pelatihan.

Pelatihan yang kini sedang berlangsung di Kantor UPTD BLK, yaitu berbasis kompetensi melalui Program Kecakapan Hidup (PKH) dan Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktif (PKTKP).

“Adanya moratorium memang sedikit menghambat dan jumlah pengangguran semakin tinggi. Ini terjadi pula di Kuningan, para pemuda usia produktif masih banyak yang berminat bekerja ke luar negeri. Untuk itu, melalui pelatihan keterampilan kerja ini bisa menjawab hambatan tersebut, dan para peminat bekerja ke luar negeri bisa menggali dan mengembangkan potensinya di daerahnya sendiri, tidak perlu pergi dan bekerja ke luar negeri,” jelas Kepala UPTD BLK, Uhen Suherlan, mewakili Kepala Dinas Sosnaker H. Dadang Supardan, kepada kuninganmedia.com, Senin (21/11).

Ternyata minat warga Kuningan cukup tinggi, dan mereka pun cukup antusias mengikuti pelatihan. Pelatihan melalui PKH sendiri, meliputi pelatihan kejuruan menjahit. Sedangkan untuk PKTKP meliputi pelatihan berbasis kompetensi kejuruan operator komputer, tata boga, meubelir, sepeda motor, elektronika dan tata rias. Dengan para instruktur dari UPTD BLK, para peserta tertantang untuk menggelutinya menjadi sebuah pekerjaan.

Ditambahkan Uhen, ada satu keunggulan dari pelatihan PKH, karena peserta yang kebanyakan perempuan tersebut dibekali satu buah mesin jahit setelah selesai pelatihan.

“Bagi peserta yang terbaik dan lulus seleksi, akan mendapat satu buah mesin jahit yang bisa langsung digunakan untuk mencari penghasilan,” katanya. (khazanah/kuninganmedia.com)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: