Utang Pinjaman PDAM Kuningan Dihapus

KUNINGANMEDIA | Rabu, 16 November 2011 06:51
Bagikan ke Facebook

RE. MARTADINATA : PDAM Tirta Kamuning Kuningan merupakan salah satu dari 64 PDAM di Indonesia yang mendapat persetujuan dari Kementrian Keuangan dalam memperoleh penghapusan bersyarat terhadap hutang kepada Bank Dunia atau ADB.

Direktuur PDAM, H. Kamdan melalui Kepala Bagian Keuangan, Anto Riyanto, mengatakan, utang yang dihapus adalah pinjaman non pokok sebesar Rp 4, 7 milyar. Sedangkan yang harus tetap dilunasi adalah Rp 2, 8  milyar. Dan hingga tahun 2011 ini, sisa utangnya tinggal Rp 1, 6 milyar dan jatuh temponya pada tahun 2014.

Sementara itu, penghapusan bersyarat memang tidak berlaku bagi semua PDAM yang menerima bantuan. PDAM yang mendapat keringanan penghapusan bersyarat  harus mempunyai beberapa persyaratan pula, diantaranya, pemilihan direktur harus melalui fit and proper test, tarif harus diatas biaya dasar dan mempunyai bisnis plen.

"Bisnis plen dalam hal ini, PDAM harus mempunyai program dalam perencanaan menyehatkan perusahaan. Untuk bisnis plen PDAM Kuningan sendiri, saat ini telah menggerakan berbagai program cakupan pelayanan, termasuk dalam pemasangan air gratis," jelas Anto. (khazanah/kuninganmedia.com)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: