Pesta Dadung, Tradisi Masyarakat Desa Legokherang

KUNINGANMEDIA | Senin, 07 November 2011 19:36
Bagikan ke Facebook

CILEBAK  : Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Pesta Dadung, yakni merupakan tradisi masyarakat ketika selesai melaksanakan panen padi.

Menurut kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Suyono, pesta dadung berasal dari kata pesta dan dadung. Pesta berarti kariaan atau hiburan, sedangkan dadung berarti tali yang biasa digunakan untuk mengikat kerbau atau sapi.

“Ada juga yang mengartikan pesta dadung  adalah syukuran, kariaan, hiburan bagi budak angon (anak gembala ) dan para petani  di Desa Legokherang  ratusan tahun lalu,” kta Suryono.

Menurut surtono, dulu   pesta dadung rutin dilakssanakan setahun sekali oleh masyarakat Desa Legokherang. Biasanya digelar dalam acara  hajat bumi  menjelang musim tanam tiba.  Tapi sekarang dilaksanakan pada waktu tertentu.

“Pesta Dadung mempunyai makna, awalnya merupakan ajang hiburan guna menambah semangat kerja para petani,   menghilangkan rasa jenuh budak angon (anak gembala). Dan, sampai kini masih dilestarikan oleh masyarakat Desa Legokherang,” paparnya. *jun/kuninganmedia.com)*

Komentar (1)

pasir@caringin

pesta dadung kudu dilestarikeun utamana ku masyarakat desa legokherang

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: