Tiga Pasar Tradisional di Kuningan Direvitalisasi

KUNINGANMEDIA | Jum'at, 16 September 2011 17:49
Bagikan ke Facebook

KOTA : Sudah sejak lama masyarakat Kabupaten Kuningan, mendambakan pasar tradisional yang refresentatif dan bisa bersaing dengan pasar modern. Untuk mewujudkannya pasar tradisional itu harus dirubah bentuk, baik fisik maupun penataan toko, kios dan los-nya.

“Memang itu impian sudah lama, dan baru tahun ini pemerintah pusat bisa memberikan bantuan revitalisasi untuk tiga pasar tradisional. Mudah-mudahan rencana revitalisasi ini bisa menyentuh semua pasar tradisional yang ada di Kuningan,” jelas Kepala Disperindag, Nana Sudiana, didampingi Kabid Perdagangan, R. Markum kepada kuninganmedia.com, Jumat (16/9/2011).

Ke-tiga pasar tradisional tersebut diantaranya, pasar Ancaran Kecamatan Kuningan, pasar Darma Kecamatan Darma dan pasar Karamatmulya Kecamatan Karamatmulya. Proyek Revitalisasi pasar tersebut bersumber dari APBN tahun 2011 sebesar Rp 4,8 miliar.

Selama ini pasar tradisional selalu terkesan kumuh, semrawut dan tidak menarik masyarakat untuk berbelanja ke pasar. Akibatnya, masyarakat lebih memilih pasar modern (swalayan, mini market, super market dan lainnya). Jika dibiarkan, menurut Nana, ditakutkan pasar tradisional semakin tergilas dengan merebaknya pasar modern, dan mematikan para pedagang kecil yang mengandalkan jual beli di pasar tradisional.

Untuk itu, pemerintah pusat membuka lebar program revitalisasi pasar dengan tidak merubah fungsi dari pasar tradisionalnya itu sendiri. Kuningan, baru tahun 2011 ini menjadi tahap awal dalam program revitalisasi pasar oleh pemerintah. Sebelumnya, Kuningan telah mencoba menggebrak revitalisasi dengan menggandeng swasta, yaitu dengan merubah Pasar Cilimus. “Sekalipun memang agak sulit, tapi Alhamdulillah akhirnya terwujud juga,” tandasnya. (kh/kuninganmedia.com)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: