Kuningan Menyambut Proklamasi Kemerdekaan (Bag I)

KUNINGANMEDIA | Rabu, 10 Agustus 2011 17:32
Bagikan ke Facebook

PROKLAMASI Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada hari Jumat 17Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jakarta. Naskah Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno didampingi Drs. Moh. Hatta, bertempat di kediaman Ir. Soekarmno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56 (sekarang Jalan Proklamasi), Jakarta.

Hubungan komunikasi yang kurang sempurna pada waktu itu dan juga adanya usaha dari pihak Jepang untuk menghambat tersebarnya berita Proklamasi secara meluas, menyebabkan berita tersebut terlambat sampai ke daerah-daerah.

Di Jawa Barat, yang secara geografis waktu itu meliputi kota Jakarta, berita itu tidak cepat merata ke semua kota. Di kota kedua terbesar di Jawa Barat, yaitu Bandung, berita itu ternyata tidak diterima secara lancar oleh masyarakat, apalagi di kota-kota kecil lainnya.

Di Cirebon dan Kuningan berita Proklamasi itu sudah didengar masyarakat pada hari itu juga, yaitu melalui orang-orang yang keberulan baru kembali dari Jakarta, antara lain dari para sopir dan kondektur bus “Selamat Jalan” (jurusan Jakarta-Kuningan pp).

Namun masyarakat menganggap berita itu belum resmi karena berasal dari mulut ke mulut sehingga menimbulkan keragu-raguan).

Ada usaha di kalangan pegawai Hosoo Kyoku (Kantor Radio) Bandung, untuk menyiarkan berita Proklamasi itu, dan usaha mereka baru berhasil disiarkan pada pukul 21.00 WIB. Setelah berita itu didengar oleh masyarakat melalui siaran Radio Bandung keragu-arguan itu menjadi hilang dan masyarakatyakin bahwa Indonesia benar-benar sudah merdeka. *

Sumber : Buku Perjuangan Rakyat Kuningan Masa Revolusi Kemerdekaan

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: