Sembilan Industri Pengolahan Makanan Akan Ikuti Uji Lab

KUNINGANMEDIA | Rabu, 16 Maret 2011 07:10
Bagikan ke Facebook

[caption id="attachment_3813" align="alignleft" width="200" caption="Ilustrasi"][/caption]

KOTA : Sebanyak sembilan industri pengolahan makanan usaha kecil menengah dari tiga kecamatan di Kabupaten Kuningan, menurut rencana hari ini Rabu (16/3/2011), akan mengikuti uji lab makanan yang diadakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Propinsi Jawa Barat, di Bandung.

“Hal ini dilakukan guna mendapatkan sertifikat halal. Sertifikat halal adalah salah satu syarat yang harus dicantumkan terhadap lebel makanan yang dijual para pelaku usaha UKM tersebut,” kata. .Kepala Dinas KUKM Kabupaten Kuningan, Uca Somantri, kepada kuninganmedia.com.

Sembilan UKM industri pengolahan makanan tersebut berasal dari Desa Karangmuncang Kecamatan Cigandamekar, Kelurahan Cijoho dan Kelurahan Kuningan.

Dalam uji lab makanan yang melibatkan MUI Jawa Barat, para pelaku usaha akan membawa makanan sebagai sampel.

“Mereka mengikuti sertifikasi tersebut secara gratis, dan jika pihak MUI menyatakan halal, maka sembilan pelaku usaha itu berhak mendapat sertifikat dan wajib mencantumkan lebel halal dalam produk makanannya,” ujar Uca.

Menurutnya, jika ada lebel sertifikasi halal maka akan mempermudah pemasaran terutama bidikan untuk toko modern. Di Kuningan sendiri, masih banyak produsen makanan yang mengenyampingkan sertifikasi halal yang dilegalkan pihak MUI Jawa Barat.

“Ini memang perlu perhatian serius dalam membina dan memberi pengarahan tentang perlunya sertifikasi halal tersebut,” jelas dia. (KM-03)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: