Puluhan Rumah Kompos Terbentuk

KUNINGANMEDIA | Senin, 10 Januari 2011 18:34
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Sebanyak 15 rumah kompos termasuk binaan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) telah terbentuk di Kabupaten Kuningan. Sementara, 35 unit lainnya tengah diusulkan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan ke Pemerintah Pusat.

Kabid Holtikultura dan Tanaman Pangan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan, Drs. Yoyo., saat berbincang dengan kuninganmedia.com menjelaskan, 15 rumah kompos tersebut tersebar di Kecamatan Karangkancana, Subang, Kadugede, Nusaherang, Cigugur, Jalaksana, Pasawahan, Cibingbin, Ciawigebang, Luragung dan Sindangagung plus rumah kompos dari UPPO (Unit Pengolahan Pupuk Organik).

“Rumah kompos ini sebagai pemanfaatan limbah, penyuburan lahan dan perbaikan daya dukung tanah, sehingga berdampak terhadap produktifitasnya. Kedepan diharapkan seluruh petani di Kuningan tidak lagi mengandalkan pupuk an organik, tapi bisa mengolah kompos yang benar-benar organik,” papar Yoyo.
Menurut Yoyo, jika kelompok tani bisa memenuhi kebutuhan pupuknya melalui pengolahan pupuk kompos, maka sisanya bisa dijual kepada pihak lain.

Kesejahteraan petani tidak sekedar dari hasil panen dari penggunaan pupuk organik yang bisa memproduksi hingga berlipat-lipat, tapi bisa juga bisnis dalam pupuk kompos tersebut. (KM-02)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: