Masih Banyak Warga Yang Belum Rasakan Sarana Air Bersih

KUNINGANMEDIA | Selasa, 07 Desember 2010 02:24
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Meskipun ada pengadaan sarana air bersih sejak beberapa tahun lalu, namun hingga kini masih banyak warga di pelosok desa yang belum merasakan manfaatnya. Padahal kucuran dana mencapai ratusan milyar rupiah.

Keterangan yang diperoleh kuninganmedia.com, perhatian pemerintah pusat terhadap pengadaan air bersih nampaknya masih menjadi prioritas. Termasuk Kabupaten Kuningan setiap tahun kerap mendapat kucuran dana dan hampir semua desa yang berada di pelosok sudah tersentuh program air bersih tersebut.

Tahun ini saja, Rp 15 Milyar diperuntukan bagi pengadaan air bersih.

“Sarananya sudah ada tapi sampai sekarang airnya tidak ada. Jjjjangankan bisa menikmati air bersih, pipa yang begitu besar dengan sambungan di berbagai titik, percuma saja, tidak bisa dipakai warga. Jadi warga tetap saja kesulitan mencari air bersih dan selalu memanfaatkan air sungai yang sering kotor,” ujar Rohiman, salah seorang warga Kecamatan Ciniru.

Senada yang dikatakan warga di kecamatan lainnya, infrastruktur pipa air bersih yang dibangun sejak tahun 2007 hingga sekarang dibiarkan saja tanpa ditindaklanjuti dalam pengadaan airnya. Pemerintah nampaknya enggan dalam melanjutkan kerjasama baik dengan pihak pengelola air (PDAM) maupun mencari sumber mata air lainnya yang bisa dikelola langsung oleh masyarakat. (KM-03)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: