Agus Kholik : Hikmah Idul Adha

KUNINGANMEDIA | Selasa, 16 November 2010 16:53
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Drs. H. Agus Abdul Kholik, MM, mengatakan, Hari Raya Idul Adha 10 DZulhijjah memiliki dua dimensi. Selain bentuk pelaksanaan ibadah, juga peringatan suatu peristiwa yang bermula dari kehendak Allah Swt dalam menguji hamba-nya, Nabi Ibrahim as dan keluarganya.

Menurut Agus Kholik, peristiwa besar itu dengan lengkap difirmankan oleh Allah Swt dan diberitakan kepada umat Islam, dalam rentang waktu antara masa Nabi Ibrahim as dengan masa Rosululloh Saw yang cukup panjang itu.

“Ini menunjukan bahwa peristiwa tersebut memiliki makna yang sangat dalam sebagai teladan dan pelajaran bagi kita semua,” kata Agus Kholik..

Ada beberapa nilai penting yang dapat dipetik dari peristiwa tersebut satu diantaranya ketabahan. Keluarga Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian dari Allah Swt, dengan penuh kepasrahan dan tawakal membuat mereka sabar dan sanggup mengatasi segala rintangan dan godaan.

Selanjutnya, nilai yang bisa dipetik dari peristiwa bersejarah itu adalah kesediaan untuk berkurban demi meraih ridha Allah Swt. Sebab dalam penyembelihan itu merupakan sebuah pengorbanan besar.

“Selain itu, peristiwa itu patut dijadikan sebagai teladan karena kecintaan Nabi Ibrahim dan keluarga kepada Allah yang melebihi segalanya. Perintah Allah dilaksanakan dengan penuh rasa cinta kepadanya,” paparnya. (KM-03)*

..

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: