Mareden Simamora : Peran Koperasi Faktor Keberhasilan

KUNINGANMEDIA | Sabtu, 31 Juli 2010 16:17
Bagikan ke Facebook

CIGUGUR : Asisten Deputi Kelembagaan Bidang Keanggotaan Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM RI, , mengatakan, koperasi bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk berjuang bersama-sama dalam mengatasi persoalan ekonomi dan membangun peluang usaha.

Melalui koperasi, sambung dia, dapat dikembangkan upaya pembedayaan untuk merealisasikan potensi ekonomi yang dimiliki anggota dengan semangat kekeluargaan. Jika kita ingin membangun ekonomi rakyat, peran dan keberadaan koperasi adalah faktor kunci keberhasilan.

“Untuk itu, koperasi harus memperkuat konsolidasi internal organisasi dengan meningkatkan partisipasi anggota. Disamping koperasi perlu melakukan kerjasama antar koperasi dan badan usaha lainnya, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan produk-produk unggulan dan potensi daerah,” kata Mareden Simamora, saat menghadiri puncak acara peringatan Hari Koperasi ke-36 dan peresmian kecamatan Koperasi, di Alun-alun Cigugur, Sabtu (31/7/2010).

Selain itu, imbuhnya, koperasi perlu meningkatkan kecerdasan guna mengelola potensi ekonomi anggotanya, menumbuhkan kemandirian individual anggota dan selanjutnya berkembang menjadi kemandirian kolektif.

“Dalam perkoperasian harus tetap memlihara jati diri dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dasar dan jati diri koperasi, dalam pemahaman praktisnya adalah berfungsinya peran anggota sebagai pemilik atau pemodal, sekaligus sebagai pelanggan atau pengguna jasa perusahaan koperasinya,” paparnya. (KM-03)*

.

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: