Pemkab Ajukan Pinjaman Rp 16 Milyar

KUNINGANMEDIA | Rabu, 14 Juli 2010 19:37
Bagikan ke Facebook

ANCARAN : Dalam perubahan Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) 2010 ini Pemerintah Kabupaten Kuningan mengajukan pinjaman Rp 16 milyar kepada Bank Jabar Banten dan akan disetujui DPRD.

“Kami melihat usulan pinjaman itu untuk program yang menyentuh langsung kegiatan masyarakat bukan untuk belanja pegawai atau keperluan birokrat lainnya. Maka unsur pimpinan mempertimbangkan untuk menyetujui usulan pinjaman tersebut,” ujar Ketua DPRD Kuningan, H. Acep Purnama S.H., kepada kuninganmedia.com.

Ada dua item yang menjadi
pertimbangan eksekutif dalam usulan pinjaman itu, diantaranya untuk pendamping PNPM sebesar Rp 9 milyar dari dana APBN yang akan turun sebesar Rp 58 milyar. Lalu untuk dana talangan program hibah pengadaan air minum kepada warga yang tidak mampu sebesar Rp 7 milyar.

“Ke-duanya mendesak, kalau tidak meminjam, Kuningan tidak ada dana. Soal PNPM, kalau tidak ada pendamping, dana dari pusat tidak akan turun, padahal masyarakat membutuhkan program tersebut. Sedangkan dana talangan, toh kalau bantuan dari Australia itu turun, pinjaman Rp 7 milyar itu langsung diganti,” katanya.

Selain itu, Pemkab Kuningan juga tidak sekedar meminjam saja, namun dari sisi pengembaliannya sudah mennyanggupi. Dimana, tahun 2010 setelah perubahan, Pemkab menyanggupi untuk empat kali pengembalian dan untuk 2011 selama delapan kali pengembalian. (KM-02)*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: