Masyarakat Kuningan Temukan Pola Tanam Padi Baru

KUNINGANMEDIA | Selasa, 29 Juni 2010 16:17
Bagikan ke Facebook

JALAKSANA : Sekelompok masyarakat Desa Maniskidul Kec. Jalaksana menemukan pola tanam padi baru jenis pare kesit yang bisa menghasilkan lebih dari 400 butir permalay dengan pola tanam SRI.

Jika dibandingkan dengan pola tanam biasa permalaynya hanya menghasilkan 130 butir, dan mereka berharap pola tanam tersebut bisa dikembangkan di lahan pertanian yang ada di Kuningan. “Kita punya cara tersendiri dalam menanam padi ini, dan Kami telah membuktikannya pada panen raya yang dilakukan beberapa hari lalu ternyata hasilnya cukup melimpah jika dibandingkan dengan pola tanam biasa,” ujar Mahmud, salah seorang tokoh masyarakat Desa Maniskidul kepada kuninganmedia.com, Selasa (29/6).
Pola tanam yang digunakan sekelompok masyarakat tersebut ternyata tidak mengadopsi pola tanam pemerintah, melainkan mempunyai cara tersendiri. Dimana, setiap warga yang akan memanen harus mematuhi aturan adat, diantaranya bagi perempuan saat menanam padi tidak boleh sedang menstruasi dan aturan ritual lainnya.
Selain tentunya pola tanam alami yang bersistem dengan mengatur jarak tanam dan pupuk yang digunakan, dengan mengedepankan pemakaian pupuk organik. “Namun syarat ritualnya harus diutamakan, karena itu sangat berkaitan erat dengan tumbuh besarnya butir-butir pada malay ini,” katannya.
Diakuinya pola tanam yang digunakan masyarakat Desa Maniskidul itu banyak yang tidak percaya, termasuk unsur pemerintah. Pasalnya sejak percobaan hingga sekarang pola tanam itu belum diterima oleh Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kuningan, padahal masa uji cobanya sendiri sudah berjalan lebih dari lima tahun.
“Meskipun saat panen raya pak bupati hadir, tapi sepertinya Dinas Pertanian belum merespon pola tanam yang digunakan Kami. Tapi kami tidak akan berhenti sampai disini, akan terus diterapkan dan diharapkan pemerintah bisa mengadopsinya, minimal untuk pola tanam padi di Kuningan sendiri,” harap Mahmud. (KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: