Banyak Kades Kembalikan Beras Miskin

KUNINGANMEDIA | Kamis, 24 Juni 2010 18:09
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Beras Miskin (Raskin) yang telah didistribusikan oleh pihak Satker Raskin wilayah III Cirebon, ternyata banyak yang menyusut, dari Rp 13 kg perkarung menjadi Rp 12 kg perkarungnya. Hal tersebut menyebabkan sejumlah kepala desa dan kelurahan di Kuningan mengembalikan raskin ke Satker dan meminta untuk menggantinya.
“Memang ada, tapi tidak banyak. Kemarin yang melapor itu dari Desa Windujanten Kec. Kadugede, ada susut 1 kg. Pihak Satker Raskin akan langsung menggantinya. Di daerah lain mungkin ada, tapi karena kendala di desa itu tidak punya timbangan, maka pihak desa tidak menimbangnya dulu dan langsung mendistribusikannya ke RTS,” papar Kasubag sarana Perekonomian Bagian Ekonomi Setda, Maman Sulaeman belum lama ini.
Padahal, akan lebih bagus jika pihak desa mengusahakan dulu raskin yang diterima itu untuk ditimbang dan dicek kualitasnya. Jika kenyataannya susut ataupun kualitasnya jelek, sebaiknya jangan dibagikan kepada masyarakat tapi harus melapor dulu ke Satker (Perum Bulog) atau ke Pemkab Kuningan.
Sementara itu, pagu Raskin sendiri berkurang 547 RTS dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2009, pagu raskin Kuningan sebesar 84.271 RTS atau setara 15.168.780 kg, sedangkan untuk 2010 menjadi 83.724 RTS atau setara dengan 13.060.944 kg dengan harga Rp 1.600 perkg dan 13 kg perkeluarga.
Dikatakan Maman, belum lama ini pihaknya menerima radiogram dari pemerintah pusat, jika RTS akan kembali menerima Rp 15 kg, dan sedang dalam pengusahaan pemerintah. (KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: