“Harta Karun” di Guha Indrakila

KUNINGANMEDIA | Jum'at, 18 Juni 2010 07:31
Bagikan ke Facebook

MEMASUKI perbatasan Dusun Indrahayu Desa/Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan, udara segar mulai terasa. Gemercik air memberi kesan tersendiri seolah melengkapi suasana panorama alam sekitar dusun tersebut. Kendati jalan menuju Dusun Indrahayu kurang nyaman untuk dilalui karena kondisinya rusak parah, namun bagi yang senang menikmati petualangan kondisi jalan seperti itu dianggap menyenangkan. Bukan saja bisa menikmati keindahan alamnya, karena dusun itu ternyata menyimpan potensi wisata yang jarang ditemukan di daerah lain yakni lebih dikenal obyek wisata Guha Indrakila.

Indrakila, sebenarnya nama sebuah bukit yang terletak kurang lebih 500 meter dari Dusun Indrahayu. Bahkan Indrakila sendiri pernah dijadikan nama sebuah kampung yang kini disebut Dusun Indrahayu.

Guha di bukit Indrakila itu boleh dibilang banyak, ada yang bernama Guha Arjuna Mintu Raga Rarabi, Guha Nangnengnong, Guha Karang Nangtung, Guha Kurung Hayam, Guha Patapanmunding, Guha Karangruwatan, Guha Kabayan, Guha Embah Dalem dan banyak lagi guha lainnya.

Guha-guha itu umumnya berdekatan, dengan jarak hanya puluhan meter dan berada di hamparan dan bukit tebing bukit yang luas arealnya kurang lebih 10 hektar.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Guha Indrakila, tentu disarankan untuk melakukan persiapan. Sebab jalan menuju guha Indrakila cukup terjal dan berliku dengan melewati kebun milik masyarakat.

Namun untuk sekedar sampai di Guha Kurunghayam, perjalanan tidak begitu berat sebab letaknya persis di pinggir jalan dekat perkampungan penduduk. Tak heran, guha ini banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan guha-guha lainnya.

Lain halnya dengan Guha Oray, tidak sembarangan pengunjung mendekati guha yang satu ini. Sebab guha ini dikenal mengandung racun. (KM-01)*

Komentar (1)

Peduli Masyarakat Cigugur
kang, palihmana "harta karun" geuning teu aya dina redaksina?

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: