SDN 1 Cipondok Ambruk, Siapa Bertanggungjawab?

KUNINGANMEDIA | Jum'at, 11 Juni 2010 08:00
Bagikan ke Facebook

CIBINGBIN : Terkait ambruknya atap baja ringan SDN 1 Cipondok Kec. Cibingbin pada Rabu (9/6) pagi yang melukai beberapa murid, sejumlah kalangan meminta Disdikpora dan Dinas Cipta Karya bertanggungjawab dan memberikan sangsi kepada pengusahanya.

“Hal tersebut menunjukan masih ‘lemahnya’ pengawasan dari instansi yang terkait pelaksanaan Program DAK Pendidikan, terhadap kualitas pekerjaan pemasangan rangka baja. Disdikpora sudah seharusnya meminta pertanggungjawaban dari si pengusaha, terlebih karena adanya jaminan selama 10 tahun,” ujar salah seorang aktifis Forum Telaah Kebijakan Daerah (F-Tekad) Kuningan, Mang Ewo kepada kuninganmedia.com, Jumat (11/6).

Sekalipun sehari setelah kejadian, pengusaha langsung menggantinya dengan rangka baja ringan yang baru, namun hendaknya pemerintah harus tegas kepada perusahaan tersebut dengan memberikan sangsi, supaya tidak dilakukan juga oleh pengusaha lainnya. Terlebih jika rangka yang dipakai tidak sesuai dengan SNI. “Itu berarti pemasangannya yang ceroboh, dan tidak ada yang mengawasi kearah pengerjaan proyeknya,” tandasnya.

Dengan kejadian tersebut, Mang Ewo dan beberapa aktifis lainnya meminta supaya Disdikpora meningkatkan pengawasan dan kepada pengusaha rangka baja yang jelas-jelas kualitasnya buruk, hendaknya pula dicoret, jika perusahaan tersebut hendak ikut bermain dalam program DAK pendidikan 2010. (KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: