Pemakai Narkoba Setiap Tahun Meningkat

KUNINGANMEDIA | Kamis, 03 Juni 2010 18:36
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Meskipun penyuluhan kerap dilakukan oleh pemerintah, namun setiap tahun tingkat penyalahgunaan narkoba di Kab. Kuningan selalu meningkat dan kini berada pada posisi yang cukup mengkhawatirkan.

Berdasarkan data yang diperoleh, Kamis (3/6), dari Sekretariat Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kuningan, tahun 2008 tercatat sebanyak 28 kasus yang tertangkap tangan oleh kepolisian.

Sedangkan tahun 2009 meningkat menjadi 41 kasus. Sementara untuk tahun sekarang, hingga Mei 2010, jumlah yang tercatat sudah 19 kasus.

“Rata-rata pengguna narkoba di Kuningan berusia antara 17-35 tahun. Selain pelajar di mana kondisi ini memprihatinkan kami, terdapat pula kalangan pengangguran maupun pekerja,” kata Kepala Kesekretariatan BNK Kuningan, Juju Junaedi.

Dikatakannya, ganja menjadi jenis narkotika yang paling banyak disalahgunakan karena terbilang lebih mudah dan murah. Meskipun zat adiktif lain pun banyak, seperti inex maupun shabu shabu, jumlahnya tak sebanyak pengguna ganja. Padahal penyuluhan kerap dilakukan BNKmaupun organisasi peduli narkotika lainnya.

Namun ternyata peran orangtua sangat penting dalam memantau dan mendidik anaknya supaya tidak menjadi pecandu. (KM-2)

(KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: