Kota Cimahi Studi banding Lingkungan ke SMAN Mandirancan

KUNINGANMEDIA | Selasa, 01 Juni 2010 08:51
Bagikan ke Facebook

MANDIRANCAN : Sebanyak 15 sekolah SMP dan SMA di Kota Cimahi melakukan studi banding lingkungan ke SMAN 1 Mandirancan Kuningan, karena dinilai telah berhasil melakukan pendidikan lingkungan hingga menyabet penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Kepala Sekolah SMAN 1 Mandirancan, Drs. Dedi Suardi M.Pd., saat berbincang dengan kuninganmedia.com, Selasa (1/6), menjelaskan, pihaknya merasa bahagia dengan adanya pengakuan dari luar daerah terhadap pendidikan lingkungan hidup di tatanan sekolahnya.
Dengan diraihnya penghargaan empat kali sampai ke penghargaan tertinggi (Adiwiyata Mandiri) menjadi prestasi dan prestise tersendiri bagi Kuningan.

Kota Cimahi saat melakukan studi banding beberapa hari lalu itu mengakui jika SMAN Mandirancan adalah satu konsep yang harus diadopsi Kota Cimahi dalam menerapkan pendidikan lingkungan bagi sekolah, baik di tingkat SMP maupun SMA.

Tidak tanggung-tanggung, study banding ke sekolah berbasis lingkungan hidup itu tidak sekedar para kepala sekolah, guru dan murid yang bersangkutan saja, namun Kepala Lingkungan Hidup Kota Cimahi pun turut serta berstudi banding.

“Pendidikan lingkungan hidup itu memang harus dimulai sejak mengenyam pendidikan, harus sejak SD atau kalau perlu sejak TK, karena dalam proses pembelajaran. Dampaknya setelah dewasa mereka akan merasa perlu dengan lingkungan dan akan secara sadar diri menjaga lingkungan dari pencemaran dan hal negatif lainnya,” papar Dedi.
Dalam kesempatan studi banding itu, tidik sekedar teori yang disampaikan. Mereka pun disodorkan dengan berbagai praktek yang ada di SMAN Mandirancan tersebut, diantaranya simulasi pembuatan kompos, daur ulang kertas (pemanfaatan limbah), penanaman holtikultura dan lainnya.

“Setelah penghargaan diraih, ternyata kita tertantang untuk mempertahankannya, dan itu harus bisa dilakukan. Semua stekholder harus ikut berpartisipasi,” harapnya.
(KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: