Disperindag Kuningan Harapkan Pelabuhan Cirebon

KUNINGANMEDIA | Senin, 31 Mei 2010 17:45
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Harapan untuk segera menggunakan Pelabuhan Cirebon itu, diutarakan oleh Kasi Perdagangan Luar Negeri Disperindag Kuningan, Erwin Irawan. Sarana yang dimiliki Pelabuhan Cirebon sebenarnya sudah mendukung untuk ekspor. Tinggal sosialisasi yang dilakukan Pelabuhan Cirebon harus terus digencarkan, terlebih menghadapi pasar bebas.

Kuningan sendiri, kendati bukan kabupaten industri, namun ada tiga perusahaan besar yang rutin melakukan ekspor, dan jika para eksportir telah menggunakan Pelabuhan Cirebon maka akan menghemat waktu dan tentunya biaya pun akan lebih murah.

Ke-tiga Produsen di Kuningan tersebut diantaranya PT. Palma Indonesia, perusahaan kayu dengan bidikan kerajinan akar palt mengekspor ke Korea Selatan dengan nilai ekspor 6.777 US $. Lalu PT. Galih Estetika, perusahaan produksi pasta ubi jalar dan tepung ubi, negara tujuan Jepang dengan nilai ekspor 1.501.560 US $, dan PT Jati Welas, perusahaan kayu dengan bidikan kayu profit tujuan Eropa dengan nilai ekspor 223.613.918 US $.

“Sebenarnya ada lima produsen di Kuningan ini, tapi sudah beberapa bulan terakhir yang rutin mengekspor tinggal tiga. Tapi Saya yakin, jika ekspor sudah via Pelabuhan Cirebon, eksportir yang lain pun nampaknya akan segera menggunakan Pelabuhan Cirebon karena akan menghemat waktu pengiriman,” paparnya.

Itu baru Kuningan yang memiliki trade dibidang pariwisata, hanya memiliki tiga eksportir rutin. Belum lagi wilayah Pantura lainnya, seperti Cirebon, Indramayu. Brebes, Pekalongan dengan asset industri yang cukup potensi, tentunya akan lebih berpengaruh dan efektifitas jika Pelabuhan Cirebon telah digunakan secara rutin oleh para eksportir dalam memasarkan hasil produksinya.

(KM-03)

Komentar (1)

Randall Hart
semoga sukses dan lancar dalam menjalankan usahanya. kami menyediakan informasi untuk keamanan dari bahaya kebakaran. Terima kasih untuk informasi lebih lanjut silahkan MELIHAT : http://www.randallhart.com/, tlp:031 853 8830

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: