Eksportir Daerah Belum Mau Melirik Pelabuhan Cirebon

KUNINGANMEDIA | Ahad, 30 Mei 2010 16:10
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Kendati Pelabuhan Cirebon telah berbenah diri untuk menampung pengiriman jasa industri, namun para eksportir Pantura nampaknya belum melirik fasilitas yang telah dimiliki Pelabuhan tebesar di Pantura tersebut.
Padahal wilayah Pantura, termasuk wilayah Cirebon memiliki banyak aset eksportir. Akan tetapi mereka hingga sekarang masih menggunakan Pelabuhan Jakarta, sehingga banyak kendala yang dialami terutama dalam efektifitas barang yang dikirim.

Salah seorang Manajer PT. Galih Estetika Kuningan, perusahaan yang bergerak dibidang produksi ubi jalar, Marwan, mengakui jika ekspor barang hasil produksi perusahaan tersebut masih menggunakan Pelabuhan Jakarta. Alasannya, pihaknya belum mengetahui secara pasti aturan main dalam pengiriman barang melalui Pelabuhan tersebut.

“Kami memang sudah dengar sarana yang dimiliki Pelabuhan Cirebon, terutama kapalnya. Tapi untuk sementara ini, Kami masih menggunakan Pelabuhan Jakarta, karena kendati sudah lengkap sarananya, nampaknya Pelabuhan Cirebon belum siap segalanya, mudah-mudahan 2010 sudah bisa via Cirebon,” ujarnya.

Diutarakan pengusaha lainnya, ia mengkhawatirkan jika ekspor menggunakan Pelabuhan Cirebon justru akan mengalami hambatan, apalagi pada awal pengalihan tersebut. Mereka takut jika tingkat keamanan dan kecepatan pengirimannya kurang.

(KM-02)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: