Puskesmas Dapat kucuran jamkesmas Rp 3,7 Milyar

KUNINGANMEDIA | Senin, 24 Mei 2010 11:44
Bagikan ke Facebook

KUNINGAN : Sebanyak 37 puskesmas di Kuningan tahun ini mendapatkan anggaran pelayanan Jamkesmas dari APBN sebesar Rp 3,7 milyar. Anggaran tersebut tidak hanya dialokasikan untuk pelayanan saja, namun diperuntukkan bagi operasional, manajemen dan jasa.

“Setiap puskesmas akan mendapatkan Jamkesmas tersebut sesuai kebutuhan dan sesuai dengan gakin (keluarga miskin) di wilayah Puskesmas tersebut. Jadi tidak disamaratakan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan drg.H.Kadaryanto.

Ia berharap dengan adanya pemberian Jamkesmas di setiap Puskesmas, masyarakat bisa lebih cepat mendapatkan pelayanan perawatan. Kalaupun harus dirujuk ke rumah sakit, maka masyarakat gakin tersebut tetap akan mendapatkan Jamkesmas tersebut. “Cuma kalau sudah di rumah sakit, itu tanggungjawab rumah sakit, bukan lagi tanggungjawab pihak puskesmas,” katanya.

Sedangkan quota Jamkesmas untuk Kuningan sendiri sebanyak 305.834 jiwa. Data tersebut sejak tahun 2005 hingga sekarang belum berubah. Namun jika ada pengajuan Jamkesmas, maka pihak Dinkes akan segera melakukan verifikasi, dan jika orang tersebut bukan dari gakin, secara otomatis tidak akan mendapatkan quota tersebut. (KM-03)

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: