Pengikisan DAS Cijangkelok Ancam Puluhan Rumah Penduduk

KUNINGANMEDIA | Selasa, 18 Mei 2010 18:59
Bagikan ke Facebook

CIBINGBIN : Hujan deras yang mengguyur khususnya wilayah Kabupaten Kuningan lima hari terakhir ini, menyebabkan bencana longsor di beberapa wilayah kecamatan. Kini longsor kembali terjadi di Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cibingbin, yang disebabkan oleh pengikisan air Daerah Aliran Sungai (DAS) Cijangkelok.

Kepala Desa Bantarpanjang Dana Sutisna menyebutkan, pengikisan DAS itu sudah sampai di blok makam, blok lebak, blok Buyut Jaksa atau lokasi bumi perkemahan Wana Bhakti Perum Perhutani Unit III.

Menurut Dana, kendati dalam longsor itu tidak ada korban jiwa, namun jika tidak segera diantisipasi pihaknya merasa khawatir aliran sungai Cijangkelok mengancam perumahan penduduk.

Dikatakan, pihaknya telah membuat surat laporan untuk disampaikan ke pihak PSDA Cirebon guna mengantisipasi ancaman bencana DAS Cijangkelok itu, .melalui surat No : 141/078/Pem tanggal 17 Mei 2010.perihal laporan bencana alam tanah longsor tersebut.

Camat Cibingbin Drs. Agus Basuki M.Si, mengharapkan pohak PSDA Cirebon segera bisa mengatasi ancaman bencana itu. Pasalnya, jika tidak segera diantisipasi kemungkinan besar pengikisan DAS Cijangkelok sampai ke pemukiman penduduk.

“Memang selama ini belum sampai lokasi permukiman, tapi kalau dibiarkan tidak menutup kemungkinan sampai lokasi permukiman penduduk,” kata Agus Basuki, Selasa (18/5). KM-01*

Kirim Komentar

Nama
Alamat email
Alamat Web
Komentar
Tulis Kode: